Home / Hukum Bisnis / Model Bisnis Kanvas Untuk Usaha UKM

Model Bisnis Kanvas Untuk Usaha UKM

notarisdanppat.com – Pernah dengar tentang Bisnis Kanvas? ditemukan di dunia bisnis internasional sejak kurang lebih tahun 2010 dan mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 2012, dan Bisnis Kanvas sudah semakin banyak digunakan untuk pebisnis baik bisnis yang besar ataupun pengusaha ukm.
Bisnis Kanvas  ini adalah adaptasi terkini tentang pemikiran dan penerapan model bisnis yang lama, kelebihan utamanya adalah membuat semua proses bisnis yang umum ( dan banyak ) menjadi lebih simple dan terarah.
komponen utama dari Bisnis Kanvas Ini adalah meliputi :
1. key activities ( Kegiatan usaha yang dilakukan )
2. Key Partner ( mitra usaha )
3. key resources ( Tenaga Kerja yang dilakukan )
4. Customer Segmen ( Pelanggan )
5. Value Proposition ( kelebihan Pelayanan )
6. Cost Structure ( Penggunaan Biaya )
7. Revenue stream ( Pendapatan )
 
7 hal diatas adalah bukti bahwa bisnis kanvas sangat mudah diterapkan dan dipahami bahkan oleh pengusaha baru ukm juga, karena sangat simple dan terarah, langkah awal untuk anda yang baru akan memulai bisnis , sangat disarankan menjawab semua pertanyaan diatas agar nantinya anda akan mempunyai gambaran yang jelas tentang bisnis anda.
 
Harapannya adalah ketika sudah mulai berpikir dan menjelaskan langkah-langkah diatas maka anda akan semakin tergali untuk melihat potensi dan kelebihan bisnis anda , sehingga akan terus belajr untuk meningkatkan kualitas dari product dan jasa serta service anda kepada konsumen maupun partner bisnis anda.
 

Sustainability Business

Bisnis adalah masalah Persisten dan konsisten, atau dikenal dengan Sustainability Business yang artinya sebuah bisnis harus mampu menjadi sustain dan stabil dalam peperangan pasar dan industry.
Membangun bisnis memang tidak sekejap mata dan semudah memetik bunga, banyak sekali halangan dan tantangan ayng akan menghadang , terkadang sedemikian banyak nya sehingga kita menjadi lelah, tetapi bila anda pengusaha yang tangguh maka anda akan berhasil menghadapi itu semua.
Semua panca indera anda akan digunakan untuk memecahkn setiap halangan yang ada, dan otak akan diputar hampir 24 jam untuk mengembangkan bisnis anda, itu hal yang pasti terjadi pada para pengusaha tangguh Indonesia.
Pengusaha yang tangguh akan piawai dalam mengendalikan kapal bisnis nya disegala kondisi yang tidak dapat diprediksi, ada beberapa hal yang memang bisa dihitung secara matematis seperti cost , capital, collateral tapi juga banyak hal yang non matematis dalam penerawangan bisnis ini, seperti adanya idealis dari sang pemimpin BISNIS ini sendiri.
Pebisnis dituntut untuk selalu terus bertumbuh dalam jangka pendek dan jangka panjang, dan focus pada sustainability business. Karena bisnis yang seudah berjalan lama tentunya akan membutuhkan upaya ektra dalam usahanya bertahan dan berkembang dalam industrinya.
Sustainability Business
Terkait dengan sustainability business maka pebisnis dan pengusaha harus berani dalam investasi di bidang yang membuat bisnis nya semakin berkembang. Jika harus berinvestasi di IT maka harus ia lakukan, bila harus invest di kendaraan opersaional maka dia juga harus berani dan smart dalam mengembil keputusan bisnisnya ,terkait dalam cahs flow dan laba yang akan dicapai, begitu pula bila Finance atau Brand yang perlu diperbaiki maka standarisasi ISO juga perlu dipertimbangkan.
Fenomena yang menarik dalam UKM adalah SDM, karena factor ini kadang luput dari perhatian para pebisnis UKM karena terbatasnya dana yang mereka ingin invest dalam SDM tersebut
Tingkat turn over yang tinggi serta penggajian yang kurang standar menjadikan pengusaha ukm sibuk hanya memikirkan pegawai yang keluar masuk, sehingga tidak focus dalam mengembangkan bisnisnya sendiri.
Perusahaan yang bisa berkembang dan sustain dalam waktu yang lama serta senantiasa mendapatkan laba yang cukup untuk perusahaan nya dalah kebanggaan tersendiri untuk pengusaha dan juga karyawannya.
Untuk apa anda berbisnis? Mendapat uang atau membangun BRAND ? kalau mencari uang orang akan lebih mudah hit and run sehingga lupa memperhatikan kepuasan pelanggan dan biasanya hanya dalamwaktu singkat bisnis tersebut akan tutup dan bangkrut, sebaliknya dengan membangun BRAND dan reputasi perusahaan akan terus berkembang dalam segi nama , Reputasi dan penjualan nya, hanya memang diperlukan extra usaha dan waktu, tetapi ketika sudah tercipt suatu BRAND yang dikenal oleh masyarakat , maka akan sangat mudah untuk perusahaan anda mengembangkan product atau jasa selanjutnya.
Hanya mereka yang focus dan punya niat membangun usaha lah yang nantinya kan bisa menjaga bisnis yang long term dan mendapatkan  sustain business  Untuk menjaga sustain business ini diperlukan juga jasa notaris dan ppat agar dapat disahkan dimata hukum indonesia
 

Masyarakat Ekonomi ASEAN

Sudah kenalan dengan istilah Masyarakat Ekonomi ASEAN ? akhir akhir ini semakin santer diberitakan dan disosialisasikan dengan iklan di TV , untuk para pebisnis dan pengusaha untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi di kompetisi ASEAN dan dunia
mea
Masyarakat Ekonomi ASEAN 
Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) menyatakan ketidaksiapan pengusaha waralaba Indonesia dalam menghadapi era perdagangan bebas ASEAN melalui ASEAN Economic Community (AEC). Mengingat masih minimnya pertumbuhan dan pengetahuan informasi pengusaha waralaba serta dukungan dari pemerintah.
demikian berita yang dilansir oleh tabloid kontan, yang memang masih semakin mengkhawatirkannya bisnis dan usaha dalam negri atau lokal kita, dimana para pengusaha indonesia memang masih tertingal oleh negara negara lain di ASEAN.
Kecilnya pertumbuhan waralaba lokal Iini juga yang berdampak pada proporsi pengusaha waralaba lokal dan asing. Menurut keterangan Amir Karamoy, Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kamar Dagang Indonesia, bahwa saat ini waralaba asing mendominasi pasar Indonesia dengan komposisi asing 80% dan lokal 20%.
Baca Juga

  1. Terapkan Brand Entrepreneurial Leadership Di Bisnis Anda
  2. Alasan Ini Akan Membuat Anda Memilih Menjadi Wirausaha

Lankah selanjutnya untuk mengantisipasi hal tersebut adalah, Kementerian Perdagangan (Kemdag) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meneken penandatanganan nota kesepahaman perpanjangan kerja sama peningkatan daya saing nasional dalam dalam menghadapi perdagangan bebas Masyarakat Ekononomi ASEAN (MEA)  diharapakan nantinya akan mendongkrak kemampuan para pengusaha indonesia dalam melakukan ekspor.
Tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) berharap pemerintah memberikan proteksi bagi peritel nasional, khususnya  yang berbisnis di Tanah Air.
Disamping para pebisnisnya pihak yang juga harus ditingkatkan adalah para Bank yang notabene soulmate daripada para pengusaha tanah air ini, mereka pun diminta merger untuk menaikkan kemampuan dan meningktkan daya saing terhadap para ancaman bank bank ASEAN dan dunia yang sudah memenuhi tingkat standart kelas dunia.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!