Kursus Public Speaking

Menjadi pembicara yang baik di depan umum merupakan suatu kebanggaan tersendiri untuk beberapa orang.

 Namun belakangan ini skill publik speaking  rupanya bisa dijadikan sebagai profesi yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

oleh karena itu lister memberikan kursus public speaking untuk anda yang ingin mengembangkan karir di bidang public speaking

Jenis-jenis profesi yang berkaitan dengan public speaking

Tujuan dari beberapa profesi dari public speaking pun berbeda-beda, ada yang ingin memotivasi, menghibur sampai menyampaikan pesan-pesan terkini.

Berikut ini beberapa jenis profesi yang berkaitan dengan publik speaking

Pembawa acara

Pembawa acara atau yang sering disebut dengan MC merupakan salah satu jenis profesi yang berkaitan dengan publik speaking. 

Baik acara televisi, radio maupun acara-acara  formal dan non-formal lainnya.

Seorang MC wajib memiliki tekhnik-tekhnik dalam public speaking supaya acara yang di  bawakannya hidup dan tidak membosankan.

Menarik atau tidaknya sebuah acara tergantung dengan pembawaan MC tersebut, walaupun acara tersebut berkelas jika MC nya tidak  bisa membawakan acara, maka acara tersebut akan sangat membosankan.

Begitu juga sebaliknya, walaupun acara yang dibawakan hanya acara kecil-kecilan, jika MC acara t mampu membawakan acara dengan baik, maka acara itu akan terkesan berkelas dan menarik.

Selain itu cepat atau lambatnya sebuah acara berlangsung juga tergantung  kepada MC.

Dibawah ini ada beberapa tips yang harus dimiliki oleh seorang pembawa acara atau MC

  • Percaya diri

Percaya diri merupakan komponen utama yang harus ada pada seorang MC.

Dengan adanya percaya diri didalam diri seorang MC, maka dia juga bisa meyakinkan para pendengarnya  terhadap apa yang akan dia sampaikan.

  • Menguasai acara

Selain rasa percaya diri, seorang MC juga harus menguasai acara tersebut, mulai dari pembukaan, pengaturan waktu sampai akhir acara. Oleh sebab harusnya seorang MC mengetahui jenis acara apa yang akan dia bawakan.

  • Berpenampilan sesuai

Bagi seorang MC, penampilan juga harus disesuaikan dengan tema acara. Untuk acara penghargaan biasanya seorang MC bisa berpenampilan menarik namun untuk MC ulang tahun dan pernikahan, penampilan disesuaikan dengan acara tersebut. terkadang seorang MC juga bisa menggunakan atribut yang sesuai dengan acara.

Selain menjadi seorang MC salah satu profesi yang hampir sama adalah sebagai Protokoler, akan tetapi protokoler sifatnya lebih formal dan biasanya terdapat pada acara-acara formal seperti upacara bendera ataupun peringatan hari kemerdekaan.

Untuk syarat menjadi seorang protokoler mungkin terlihat lebih mudah dibandingkan dengan menjadi seorang MC, karena menjadi protokoler hanya mengatur suara saja ketika acara sedang berlangsung, bukan hanya itu dalam kegiatan protokoler juga sudah disediakan rundown acara tanpa harus memperpanjang rundown tersebut.

Motivator

Motivator juga salah satu profesi yang termasuk kedalam public speaking, seorang motivator harus mempunyai tehnik atau skill tersendiri dalam menyampaikan motivasi dan meyakinkan audiensnya. 

Dalam menyampaikan motivasi seorang motivator biasanya menyampaikan kisah-kisah atau kata-kata yang membuat pendengar termotivasi mendengarnya.

Selain itu motivator juga harus mampu memilah kata yang sesuai dengan kondisi audiens.

Walaupun hanya sekedar memebrikan nasehat namun nyatanya menjadi seorang motivator tidaklah mudah.

Selain memebrikan nasehat, dalam menya,paikan pesan-pesan seorang motivator juga harus bisa menyisipkan sebuah jalan keluar kepada audiensnya.

Berikut inibeberapa hal yang harus diingat untuk menjadi motivator handal, yaitu 

  • Percaya diri

Seperti profesi publik speaking pada umumnya, rasa percaya diri juga diwajibkan ada pada seorang motivator.

Karena untuk meyakinkan orang lain, dia juga harus meyakinkan dirinya sendiri.

  • Kreatif

Kreatifitas sangat dibutuhkan dalam menyampaikan motivasi kepada audiens, seorang motivator wajib mengetahui bagaimana kondisi audiensnya, latar belakang dan lain sebagainya.

Announcer atau Penyiar

Pasti kita sudah pernah mendengarkan radio, lalu bagaimana menurutmu seorang penyiar radio tersebut.

 Hanya dengan mendengar suaranya saja, pndengar sudah pasti tau bagaimana ekspresi penyiar dalam menyampaikan informasi.

Yah memang benar, salah satu profesi yang menggunkan public speaking sebagai salah satu skill nya adalah penyiar, baik penyiar radio, pemandu dan lain sebagainya.

Dalam menyiarkan radio seseorang harus mempunyai skill public speaking walaupun pendengar tidak bisa melihat wajahnya secara langsung, akan tetapi pendengar pasti mengetahui bagaimana ekspresi seorang penyiar di belakang layar.

 Seorang penyiar juga tidak akan pernah bisa berbohong dengan membedakan ekspresi dan suaranya, karena kemungkinan besar para pendengar akan mengetahuinya.

Presenter

Presenter adalah profesi yang sangat banyak diburu oleh orang saat ini. Selain menguasai jurnalistik, seorang presenter juga harus mampu menguasai public speaking dalam menyampaikan informasi.

Adapun tugas seorang presenter adalah memandu sebuah acara televisi, mulai dari menyiarkan berita, acar musik, talk show dan lain sebagainya.

Sebagai seorang presenter tugas mereka adalah menyajikan atau memberikan informasi kepada khalayak umum.

Bselain kedua hal diatas ada beberapa syarat yang harus dimiliki seseorang jika ingin menjadi seorang presenter

  • Pengetahuan yang luas

Seorang presenter wajib memiliki pengetahuan yang luas, karena dialah yang akan menyajikan informasi kepada publik.

  • Kemampuan membaca dan komunikasi yang baik

Sebagai seorang presenter, kemampuan membaca dan komunikasi yang baik wajib dimiliki.  Karena saat menyampaikan informasi, jika tidak memiliki kedua hal ini  orang yang mendengar berita yang disampaikan oleh seorang presenter akan mengalami gagal paham terhadap apa yang dia sampaikan.

  • Berpenampilan menarik

Penampilan menarik adalah salah satu syarat wajib yang harus dimiliki seorang presenter. Karena hal tersebut bisa menarik perhatian para penonton berita terhadap apa yang akan presenter tersebut sampaikan.

Reporter

Tidak berbeda jauh dengan presenter, tugas dari seorang reporter juga menyajikan informasi kepada masyarakat.

Perbedaan antara reporer dan presenter adalah presenter biasanya menyampaikan informasi yang sudah tersedia secara lengkap dan informasi yang diberikan sudah atau sedang terjadi.

sedangkan reporter menyampaikan informasi secara langsung tempat kejadian dan berita yang disampaikan bisa saja masih berlangsung.

Sebagai seorang presenter diharuskan mempunyai skill komunikatif, karena dia harus menyediakan informasi yang lengkap dalam waktu yang sesingkat-singkatnya kepada masyarakat.

Kejujuran dalam menyampaikan sebuah berita juga sangat dperlukan bagi seorang reporter, karena seorang reporter dilarang menmbahi atau mengurangi kesesuaian berita dengan fakta yang ada.

Komedian

Seperti yang sudah dicantumkan sebelumnya, salah satu tujuan dari public speaking adalah menghibur orang banyak.

Namun jarang sekali orang lain mengetahui bahwa komedian termasuk kedalam profesi yang melibatkan public spekaing sebagai skill utamanya.

Menjadi seorang komedian tidaklah mudah, dikarenakan komedian tersebut harus menghibur orang banyak dalam jangka waktu yang sama.

Menjadi komedian bukan hanya menyajikan cerita-cerita lucu ke publik akan tetapi bagaimana humor yang disamapaikan masuk kedalam orang-orang tersebut karena setiap orang mempunyai selera humor yang berbeda.

Youtube host dan podcast host

Kedua profesi ini baru muncul belakangan, walaupun hampir sama dengan host pada umumnya namun terdapat juga perbedaan antara kedua profesi ini.

Youtube host dan podcast host sifatnya lebih fleksibel dibandingkan dengan host pada umumnya, selain fleksibel kedua jenis host terbaru ini juga terkesan lebih bebas dibandingkan host diacara televisi.

Namun perlu diingat, public speaking juga sangat diperlukan dalam kedua profesi ini.

Youtube host dan podcast host mempunyai persamaan dan perbedaan, yaitu sama-sama host yang membawakan sebuah acara namun tempat dan latar yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like