Kursus Bahasa Jerman Lister.co.id

kursus Bahasa Jerman

Ada banyak alasan orang mulai memantapkan niat untuk mempelajari Bahasa Jerman. Ada para calon mahasiswa yang mengejar beasiswa, ada para calon pelamar kerja, ada WNI yang ingin pindah ke negara Jerman, atau ada juga orang yang ingin pergi berwisata ke daerah Eropa.

Apapun alasannya, mempelajari Bahasa asing yang baru dan berbeda dengan Bahasa ibu pastilah bukan hal yang mudah. Belajar Bahasa baru berarti juga harus menyesuaikan kebiasaan hidup yang biasa dilakukan sehari-hari.

Tiga Pilihan Jalur Untuk Belajar Bahasa Jerman

Ada banyak jalur atau jalan yang bisa dipilih dalam mempelajari Bahasa Jerman. Berikut adalah cara favorit yang banyak dipilih untuk belajar Bahasa Jerman:

Belajar Bahasa Jerman Sendiri

Ini adalah cara yang paling umum dilakukan oleh para pemula dalam belajar Bahasa Jerman. Selain tidak membutuhkan banyak biaya, tipe belajar seperti ini juga bisa bebas mengatur kapan waktu belajar yang sesuai.

Walaupun terkesan santai, nyatanya banyak juga yang sukses mempelajari Bahasa Jerman dengan baik dengan cara ini. Tipsnya adalah dengan memanfaatkan sebaik mungkin segala sarana dan prasarana yang ada, seperti:

  • Buku

Sekarang sudah banyak beredar di pasaran buku teks untuk belajar Bahasa Jerman. Isi di dalamnya biasanya sudah tersusun sesuai dengan kurikulum pembelajaran yang mutakhir.

Jika dipelajari secara rutin, buku ini bisa sangat membantu untuk berlatih berbahasa Jerman secara tertulis. Tapi saat belajar sendiri, tentu buku saja tidak cukup, terutama untuk belajar teknik speaking dan listening.

Dalam belajar mandiri, perlu pendamping lain selain buku supaya bisa lebih menguasai Bahasa Jerman dengan baik.

  • Website

Internet sekarang ini sudah banyak memiliki fungsi yang bisa berguna bagi umat manusia, salah satunya adalah untuk proses pembelajaran. Ada banyak website-website yang menyediakan materi-materi dan tips-tips seputar belajar Bahasa Jerman.

Isi dari website biasanya up to date sehingga sesuai dengan penggunaan Bahasa Jerman modern dan kebutuhannya. Selain itu, melalui website juga biasanya banyak dibagikan informasi tambahan, misalnya seputar petunjuk dan cara mengikuti tes sertifikasi Bahasa Jerman di Indonesia.

  • Youtube

Youtube sudah terkenal sebagai platform berbagi video online terbesar di dunia. Di dalam Youtube ada berbagai jenis video, termasuk juga video pembelajaran Bahasa Jerman.

Jika bisa mencari dengan baik, pasti bisa menemukan bahwa di Youtube ada banyak sekali video belajar Bahasa Jerman yang beredar, ada yang dari akun lembaga kursus atau juga akun pribadi. Banyak dari pembuat dan pengisi video adalah guru berpengalaman atau bahkan penutur asli Bahasa Jerman, sehingga teknik pengucapan dan kemampuan kebahasaannya tidak perlu diragukan lagi.

  • Aplikasi

Handphone adalah gadget yang paling sering dibawa kemana-mana oleh setiap orang. Handphone juga bisa dimanfaatkan untuk sarana belajar dengan men-download aplikasi belajar Bahasa Jerman.

Sekarang ini sudah ada banyak aplikasi belajar Bahasa asing yang beredar, salah satu yang terkenal adalah Duolingo. Berbagai macam aplikasi ini memiliki metode belajar yang beragam, ada yang sistemnya seperti main game, ada juga yang dilengkapi fasilitas untuk chat dengan penutur asli Bahasa Jerman.

Belajar sendiri melalui aplikasi ini sangat cocok bagi orang yang sibuk dan sulit meluangkan waktu setiap hari untuk belajar. Dengan adanya aplikasi, belajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

  • Musik, buku, dan game

Selain belajar dengan cara “formal” seperti di atas, ada juga cara asyik untuk belajar Bahasa Jerman melalui hobi. Bisa dengan cara mendengarkan banyak lagu berbahasa Jerman, membaca buku berbahasa Jerman, atau bahkan main game yang berbahasa Jerman.

Teknik belajar seperti ini bisa dicoba sebagai selingan dari teknik pembelajaran yang formal. Dengan cara ini belajar bisa menjadi menyenangkan dan tidak akan mudah jenuh.

Mengikuti Kursus Bahasa Jerman

Ada juga beberapa orang yang memang tidak cocok belajar sendiri. Bagi anda yang memang lebih suka belajar bersama dengan orang lain supaya lebih termotivasi, mungkin mengikuti kursus bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lembaga kursus bahasa jerman biasanya memiliki kurikulum pembelajaran yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, misalnya saja ada kurikulum yang berbeda untuk setiap tingkat tes sertifikasi yang ingin didapat. Waktu belajar di kursus juga bisa dipilih sesuai dengan kegiatan dan keseharian siswa.

Selain itu, setiap lembaga kursus pasti memiliki tenaga pengajar atau tutor profesional yang sudah berpengalaman. Selain menguasai Bahasa Jerman dengan baik, para tutor ini juga pasti sudah memahami berbagai teknik mengajar terbaik yang bisa diterapkan.

Di tengah suasana pandemi seperti sekarang, hampir semua lembaga kursus Bahasa Jerman sudah beradaptasi dengan juga membuka kelas secara online, selain kelas biasa yang offline.

Salah satunya adalah Lister.co.id yang memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Jerman.

Di Lister.co.id tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.

Belajar di Jerman

Ini adalah cara belajar lain yang bisa dicoba bagi yang ingin mahir menguasai Bahasa Jerman dengan cepat. Di Jerman sana, bisa bebas memilih apakah akan belajar sendiri secara mandiri ataupun mengikuti lembaga kursus Bahasa Jerman.

Cara ini biasanya dipilih oleh orang-orang yang memiliki tekad dan niat bulat untuk belajar Bahasa Jerman, biasanya para calon mahasiswa, orang yang sudah pasti diterima kerja di sana, ataupun orang yang akan pindah ke sana. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk belajar Bahasa Jerman langsung di Jerman:

  • Lingkungan akan berbeda

Setelah sampai di Jerman, tentunya lingkungan sekitar akan sangat berbeda dengan di Indonesia. Daerah sekitar akan terasa asing, dan semua orang di sekitar juga akan bicara Bahasa asing.

Ini mungkin terdengar mudah, tapi sebenarnya hal ini butuh persiapan mental yang matang. Anda akan “dipaksa” untuk menggunakan Bahasa Jerman dalam kehidupan sehari-hari karena orang sekitar anda tidak ada yang bisa Bahasa Indonesia.

Walaupun agak menyeramkan, perubahan lingkungan seperti ini dipercaya bisa membuat lebih mudah beradaptasi dan menguasai Bahasa Jerman.

  • Lembaga kursus berkualitas

Jika memilih untuk mengikuti kursus Bahasa Jerman di Jerman, sudah tidak perlu takut lagi harus memilih-milih dan membandingkan antara banyak lembaga kursus. Biasanya di Jerman ada lembaga kursus tertentu yang menangani para orang asing yang mengejar sertifikasi kemahiran berbahasa Jerman.

Lembaga kursus ini pasti sudah terbukti kualitasnya karena sudah berpengalaman meng-handle para orang asing yang masih awam dengan Bahasa Jerman. Selain niat, hal lain lagi yang perlu disiapkan hanyalah akomodasi dan biaya yang cukup selama mengikuti kursus.

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like