Kursus Bahasa Jepang Lister

Mempelajari bahasa jepang sanagt menarik, untuk belajar dan kursus bahasa jepang online bisa anda coba di lister.co.id , Bahasa Jepang terdiri atas 46 bunyi yang kemudian disusun menjadi rangkaian kata atau kalimat. Cara bicara orang Jepang pun bervariasi, karena ada beberapa aksen yang digunakan. Kebanyakan dari mereka mampu mengucapkan banyak kosakata dalam waktu singkat, sehingga bagi penutur asing yang baru belajar cukup sulit memahaminya. Namun tak perlu khawatir, berikut tips dan trik yang dapat kamu coba agar mahir bercakap dalam bahasa Jepang.

Mempelajari Kosakata Dasar

Sebelum berbicara bahasa Jepang, tentu kamu harus tahu dulu apa saja kosakata yang akan diucapkan. Oleh karena itu, langkah pertama untuk mahir bahasa Jepang adalah banyak-banyak belajar tentang kosakata dasar. Kamu bisa menghapal kata-kata atau frasa yang sering diucapkan orang Jepang dalam keseharian. Berikut beberapa contohnya.

Salam dalam Bahasa Jepang

Salam diucapkan ketika bertemu dan hendak berpisah dengan seseorang. Mengucapkan salam dalam kultur Jepang adalah pertanda kita menghormati orang yang lain, jadi jangan sampai tidak dilakukan. Contoh salam dalam bahasa Jepang misalnya はじめまして yang berarti ‘senang berjumpa denganmu’, おはようございます artinya ‘selamat pagi’, さようなら berarti ‘selamat tinggal’, dan masih banyak lagi.

Kalimat Percakapan Sederhana

Kalimat ini digunakan sebagai ucapan untuk mengawali percakapan. Dengan mengucapkan kalimat ini, menunjukkan bahwa kamu mengekspresikan ketertarikan terhadap lawan bicara sehingga mengajaknya berbicara. Contoh kalimatnya おげんき ですか? yang artinya ‘bagaimana kabarmu?’, ありがとう ございます berarti ‘terima kasih’, dan lain-lain. Akan lebih baik lagi jika kamu belajar kata-kata pada percakapan formal beserta informal.

Angka dalam Bahasa Jepang

Penyebutan angka tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, sehingga kamu harus menghapalnya. Setidaknya hapalkan dulu basic 1-10 agar setelahnya lebih mudah untuk menghapal angka-angka lebih banyak. Tidak hanya belajar pelafalannya saja, kamu pun perlu mengingat bagaimana penulisan angka tersebut. Misal angka 1 dinotasikan dengan 一, angka 4 tulisannya 四, dan seterusnya.

Kosakata Lain-Lain

Jika sudah menghapal dan memahami basic di atas, kamu bisa memperkaya kosakata dengan belajar frasa yang lebih sulit. Sering-seringlah berlatih mengucapkan beragam kosakata bahasa Jepang agar ketika praktik berbicara secara langsung tidak gelagapan. Semakin banyak kosakata yang dikuasai, semakin baik kemampuan bicara kamu dalam bahasa Jepang.

Membiasakan Diri Mendengarkan Bahasa Jepang

Prinsip dasar pembelajaran bahasa adalah mendengarkan agar bisa berbicara, serta membaca agar bisa menulis. Jadi jika ingin mahir berbicara menggunakan bahasa Jepang, maka kamu harus sering-sering berlatik mendengarkan percakapan bahasa Jepang. Ada beberapa cara menarik yang dapat kamu praktikkan untuk membiasakan diri mendengarkan bahasa Jepang.

Mendengar Percakapan Orang Secara Langsung

Saat ini sudah banyak tersedia audio yang berisi kumpulan percakapan dalam bahasa Jepang. Kamu dapat mengunduh salah satunya sebagai media belajar. Lebih baik kamu belajar mendengarkan audio dengan dua pembicara atau lebih (model dialog). Simaklah ketika seseorang berbicara, kemudian cobalah menangkap apa maksud kata-kata yang diucapkan.

Menyimak Anime atau Film Jepang

Ternyata menonton film atau anime juga dapat membantumu belajar listening dalam bahasa Jepang. Selain menarik disaksikan, film/anime bisa membuatmu terbiasa mendengarkan istilah-istlah bahasa Jepang yang lazim dipakai sehari-hari. Jadi selain mendapatkan kesenangan karena alur yang disajikan, kamu sekaligus memperkaya kosakata.

baca juga

Mendengarkan Lagu Bahasa Jepang

Lagu juga bisa menjadi media untuk belajar bahasa Jepang secara mengasyikkan. Kalau ingin yang liriknya mudah, kamu bisa pilih lagu anak-anak. Namun jika sembari ingin menikmati musiknya, maka lagu-lagu JPOP bisa menjadi opsi. Kamu pun bisa mempelajari banyak kosakata baru termasuk mengenali frasa idiom yang sering dipakai dalam lirik lagu Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like