Kursus Bahasa Arab Lister

kursus bahasa arab

Tidak bisa dipungkiri bahwa Bahasa Arab sudah menjadi salah satu Bahasa yang penting untuk dipelajari di dunia. Selain karena kedudukannya yang tinggi dalam agama Islam, Bahasa Arab juga sudah banyak membuktikan eksistensinya sebagai Bahasa yang banyak digunakan di dunia internasional.

Tetapi karena memang struktur Bahasanya yang sulit dan rumit, mempelajari Bahasa Arab bukanlah hal yang mudah. Butuh kesungguhan dan keseriusan yang tinggi untuk bisa dengan cepat mempelajari Bahasa ini.

Trik Mudah Belajar Bahasa Arab Dengan Cepat

Berikut adalah beberapa trik mudah belajar Bahasa Arab yang bisa diterapkan oleh para pemula:

Konsisten

Pertama-tama, yang harus ditanamkan sebelum mulai belajar adalah niat dan komitmen untuk belajar secara konsisten. Seoerti halnya saat mempelajari berbagai hal baru lain, mempelajari Bahasa juga butuh konsistensi supaya ilmu yang terserap bisa bertahan lebih lama.

Untuk menjaga konsistensi, bisa dicoba dengan cara meluangkan sedikit waktu setiap hari untuk belajar Bahasa Arab. Walaupun tidak lama, jika diulang terus menerus, lama kelamaan otak akan terbiasa sehingga akan lebih mudah memahami yang dipelajari.

Teknik seperti ini biasanya digunakan untuk menghapal sesuatu. Jika masih ada yang belum paham, dengan diulang-ulang setiap hari juga bisa meningkatkan pemahaman sekaligus daya ingat.

Bagi umat Muslim, mungkin memang sehari-hari banyak “bertemu” dengan Bahasa Arab, entah itu dalam bacaan sholat maupun saat membaca Al-Qur’an. Sebagai tambahan pembelajaran, mungkin bisa ditambah dengan mencari dan mempelajari terjemahan dari setiap bacaan yang dibaca.

Berlatih pengucapan

Dalam mempelajari Bahasa baru, teknik pengucapan tentunya merupakan poin penting yang tidak bisa terlewatkan, begitu juga dalam mempelajari Bahasa Arab. Bahasa ini mempunyai banyak huruf dengan teknik pengucapan yang sangat berbeda dengan huruf alfabet biasa, sehingga butuh perhatian ekstra untuk mempelajarinya.

Selain itu, dalam Bahasa Arab dikenal juga istilah harakat yang menandai teknik pengucapan yang berbeda-beda untuk satu huruf yang sama. Harakat merupakan salah satu dasar penting yang tidak bisa dilewatkan dalam mempelajari Bahasa Arab.

Teknik pengucapan bisa dipelajari dengan memperhatikan cara pengucapan penutur asli Bahasa Arab. Jaman sekarang, teknik belajar ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan platform berbagi video seperti Youtube, atau juga dengan mencari guru yang bisa diajak berlatih bicara Bahasa Arab.

Banyak membaca

Membaca merupakan salah satu teknik belajar Bahasa yang termudah. Lebih baik lagi jika kita membaca sesuatu dalam Bahasa Arab yang sudah ada terjemahannya, dengan begitu otak akan terbiasa dengan Bahasa Arab dan bisa melatih mengaitkan setiap kata dengan konteks kalimat yang ada.

Bagi umat Muslim, latihan membaca bisa dilakukan dengan membaca Al-Qur’an terjemahan yang sekarang sudah banyak dijual luas. Walaupun Bahasa dalam Al-Qur’an merupakan Bahasa Arab kuno, tapi tetap ada kata-kata atau kalimat yang masih digunakan sampai sekarang, sehingga tidak ada salahnya belajar sekaligus beribadah.

Pada saat membaca, melafalkan setiap bacaannya dengan keras juga bisa sekaligus melatih lisan untuk berbicara Bahasa Arab. Akan lebih baik juga jika ada guru yang bisa membimbing dan membenarkan bacaan jika ada yang salah.

Banyak mendengarkan

Selain membaca, salah satu praktek belajar lain yang terbukti efektif adalah dengan mendengarkan. Mendengarkan banyak bacaan atau percakapan dalam Bahasa Arab bisa membuat otak kita terbiasa dan melatih kita untuk memahami kata-kata sulit.

Ada banyak sumber audio yang bisa digunakan untuk pembelajaran, seperti pembacaan Al-Qur’an, radio Bahasa Arab, atau bahkan pembacaan berita dalam Bahasa Arab. Selain itu, mendengarkan percakapan langsung dalam Bahasa Arab juga bisa membantu kita mengetahui teknik pengucapan yang tepat dari berbagai kata-kata sulit.

Pada saat belajar mendengarkan ini, kita tentunya akan bertemu dengan banyak kata-kata sulit. Jika ada yang tidak dimengerti, kita bisa mencatatnya dan mencari artinya nanti, atau bisa juga kita mencoba menghubungkan arti kata tersebut sesuai dengan konteks kalimat.

Teknik ini bisa sangat membantu untuk bisa memperkaya perbendaharaan kosakata Bahasa Arab kita.

Dalam pembacaan Al-Qur’an dikenal juga berbagai teknik intonasi dan pelafalan yang bisa mebuat bacaan terdengar indah dan merdu. Dengan banyak mendengarkan, maka akan bisa lebih mengenal banyak teknik ini dan mempelajarinya.

Gunakan dalam kehidupan sehari-hari

Semakin sering kita “bersentuhan” dengan Bahasa Arab setiap harinya, kita akan jadi lebih terbiasa, dan akhirnya bisa lebih mudah menghapal dan mempelajari Bahasa Arab. Salah satu tekniknya adalah dengan memasukkan Bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak perlu sesuatu yang sulit, bisa dimulai dengan menyebutkan barang-barang di sekitar dengan Bahasa Arab, seperti meja, kursi, atau menghitung benda dalam Bahasa Arab. Praktik sederhana seperti ini bisa me-refresh perbendaharaan kata kita setiap hari dengan cara yang menyenangkan.

Supaya tidak bosan, bisa juga dengan menciptakan tantangan tersendiri, seperti misalnya menargetkan satu kosakata baru setiap harinya. Dengan begini, tanpa sadar dalam satu bulan saja sudah ada 30 kosa kata baru yang didapatkan.

Selalu sedia kamus

Dalam praktek pembelajaran, tidak jarang kita akan bertemu dengan kata-kata sulit pada saat yang tidak diduga. Bisa saat kita sedang menonton berita berbahasa Arab, atau saat kita sedang bercakap-cakap dalam Bahasa Arab.

Untuk saat-saat seperti itu, penting untuk sudah memiliki amunisi dalam bentuk kamus. Bisa berupa kamus buku tradisional, atau juga kamus elektronik di handphone masing-masing.

Jika setiap menemukan kata sulit kita bisa dengan cepat mencari artinya, maka akan lebih cepat juga memahami maksud keseluruhan kalimatnya. Ini juga bisa meningkatkan pengetahuan kosa kata kita, sehingga nanti jika menemukan kata ini lagi bisa langsung tahu artinya.

Yakin dan percaya diri

Selain praktek, hal yang penting dalam mempelajari Bahasa Arab adalah merubah mindset. Sebelum belajar, harus yakin dan percaya diri bahwa suatu saat akan bisa lancar berbahasa Arab.

Setiap orang memiliki gaya dan kemampuan belajarnya masing-masing, sehingga jangan takut atau minder jika merasa lebih lambat dari orang lain. Yang terpenting adalah tetap konsisten dan tekun, lama kelamaan hasil tidak akan mengkhianati usaha, dan anda akan bisa berbahasa Arab dengan baik.

Mengikuti les

Sekeras apapun usaha untuk belajar Bahasa Arab secara mandiri, keefektifannya tetap tidak bisa mengalahkan sistem pembelajaran kursus. Dengan mengikuti les atau kursus Bahasa Arab, akan dibimbing oleh guru berpengalaman dan mendapatkan kurikulum yang sudah teruji, ini tidak bisa didapatkan saat belajar sendiri.

Lister.co.id menyediakan kursus Bahasa Arab dengan berbagai keunggulan dibandingkan tempat kursus lain.

Lister.co.id memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami.

Ada berbagai jenis kelas dengan berbagai pilihan paket pengajaran Bahasa Arab yang bisa dipilih di Lister.co.id, biayanya pun murah dan terjangkau. Pembayaran bisa dilakukan secara online, dan ada banyak pilihan diskon dan cicilan pembayaran yang bisa didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like