Keuntungan Menguasai Bahasa Korea di Tengah Ekonomi Global

Notarisdanppat – Sejak lama kita telah menghadapi proses globalisasi dengan semakin majunya teknologi informasi dan ilmu pengetahuan. Dari globalisasi ini, banyak aspek di kehidupan manusia yang mau tidak mau ikut berubah dan berkembang mengikuti perkembangan yang ada.

Internet sebagai salah satu kunci akses tak terbatas dalam hal ilmu pengetahuan dan informasi telah membuat dunia semakin borderless atau seolah tidak memiliki batas waktu, geografis maupun bahasa. Semua dapat menjadi ‘satu’ dengan hadirnya internet, melalui bantuan media sosial.

Sektor ekonomi dan bisnis menjadi salah satu yang terdampak dari tingginya arus informasi dan ilmu pengetahuan, dimana semakin meningkatnya program kerjasama bilateral maupun multilateral. Kerjasama antar atau berbagai negara ini membawa kita pada masa ekonomi global.

Banyak hal yang harus kita persiapkan sebagai bagian dari ekonomi global. Salah satunya adalah kemahiran menguasai bahasa asing. Mereka yang dapat menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris mendapat poin lebih di mata pencari kerja.

Di Indonesia saat ini sedang hangat-hangatnya kerjasama antara Indonesia dengan Korea Selatan. Selain budaya, Indonesia dan Korea Selatan telah melakukan berbagai kerjasama. Salah satunya di bidang ekonomi dan bisnis.

Lalu, apa saja keuntungan berbahasa Korea untuk kita para pencari kerja? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Ekonomi Global, Apa Itu?

Yang dimaksud dengan ekonomi global adalah suatu proses aktivitas perekonomian dan perdagangan, dimana terdapat beberapa atau banyak negara di dunia yang bersatu demi tercapainya beberapa hal. Yakni terciptanya kekuatan pasar untuk kondisi ekonomi yang lebih baik, serta ekonomi yang lebih terintegrasi tanpa adana hambatan atau batasan territorial negara.

Untuk menciptakan ekonomi global yang baik, maka diperlukan adanya penghapusan batasan-batasan tertentu dari suatu negara untuk negara lain demi lancarnya kegiatan arus barang, jasa dan modal.

Terdapat beberapa perwujudan dari ekonomi global ini. Antara lain globalisasi produksi, globalisasi jaringan informasi, globalisasi perdagangan, globalisasi pembiayaan, serta globalisasi tenaga kerja.

Yang dimaksud dengan globalisasi tenaga kerja ini ditandai dengan hadirnya tenaga kerja asing di negara asal. Adanya ekonomi global membuat suatu perusahaan mampu memanfaatkan tenaga kerja dari seluruh dunia sesuai dengan kebutuhan skill dan posisi. Diharapkan tenaga kerja lokal dapat menyesuaikan diri untuk dapat bersaing dengan tenaga kerja asing.

Selain kemampuan dan pengalaman, kemampuan berbahasa asing juga sangat menentukan bertambah atau tidaknya nilai tenaga kerja dikalangan pencari kerja atau HRD. Mereka yang menguasai bahasa asing tertentu memiliki kesempatan yang lebih besar dibandingkan dengan yang hanya menguasai bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu dan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Kemampuan bahasa asing ini juga menyesuaikan dengan latar belakang dan kebutuhan perusahaan. Contohnya, perusahaan milik China lebih memilih mereka yang mampu berbahasa Mandarin dengan baik. Begitu pun dengan perusahaan asal Korea Selatan yang mencari mereka yang menguasai bahasa Korea dengan baik sebagai calon tenaga kerja.

Hubungan bilateral Indonesia dengan Korea Selatan yang semakin membaik dari waktu ke waktu membawa angin segar untuk Indonesia. Dimana banyak perusahaan asal Negeri Gingseng tersebut yang melakukan ekspansi ke Indonesia.

Hal ini tentu cukup menguntungkan, dimana semakin bertambahnya lapangan kerja dan meningkatnya kesempatan kerja di Tanah Air.

Keuntungan lain mampu berbahasa Korea untuk dunia karier yakni:

Menambah Nilai Tambah CV

Curriculum Vitae atau CV adalah rangkuman kemampuan diri kita yang pertama kali dilihat oleh pihak Human Capital atau HRD. Mencantumkan kemampuan mahir bahasa Korea dapat menjadi nilai tambah tersendiri apabila kita mendaftar di perusahaan berlatar belakang negara Korea Selatan.

Dengan kemampuan yang kita miliki, kesempatan untuk dapat bergabung dengan perusahaan tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak menguasai bahasa Korea.

Membangun Koneksi

Selain menambah nilai untuk CV, mahir bahasa Korea juga dapat mengembangkan dan membangun relasi yang lebih luas. Terlebih untuk kalian yang ingin membangun bisnis atau terjun ke dunia bisnis berlatarbelakang negara Korea Selatan, menguasai bahasa Korea dapat memudahkan kalian untuk membangun relasi.

Meski bahasa Inggris telah ditetapkan sebagai bahasa internasional yang dapat menghubungkan orang dalam berbagai negara dalam satu bahasa komunikasi, dengan mahir berbahasa negara asal seperti bahasa Korea, akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk Anda di mata calon relasi bisnis.

Jenjang Karier

Untuk dapat bersaing dengan tenaga kerja asing, menguasai bahasa tertentu dapat mempertahankan posisi kita dalam dunia kerja.

Bahasa Korea termasuk bahasa asing yang cukup sulit dipelajari karena bahasa tersebut memiliki karakter huruf yang berbeda dengan huruf kebanyakan. Jika kita menggunakan alfabet, maka bahasa Korea menggunakan Hangul.

Jika Anda memiliki keinginan bergabung dengan perusahaan asal Korea Selatan, maka Anda perlu menguasai bahasa Korea beserta huruf Hangul nya. Apabila Anda dapat menguasai kedua hal tersebut, maka dapat dipastikan Anda mampu bersaing dengan tenaga asing dalam bidang bahasa.

baca juga

Perusahaan Korea Selatan yang Ada di Indonesia

Tidak harus berangkat ke Korea Selatan untuk membangun relasi dan memperluas koneksi, kini kalian bisa mendaftar ke beberapa perusahaan asal Korea Selatan yang sudah resmi masuk dan bergabung di Indonesia. Antara lain:

PT Samsung Electronics Indonesia

Perusahaan yang satu ini merupakan perusahaan asal Korea Selatan yang paling populer di Indonesia. Sebagian besar masyarakat telah menggunakan produk elektronik keluaran Samsung. Mulai dari ponsel pintar atau smartphone berbasis Android, pendingin ruangan, kulkas, hingga televisi.

Perusahaan yang didirikan oleh Lee Byung-chul pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan ini telah berhasil menjadi perusahaan elektronik yang mendunia. Tidak hanya Asia, Samsung telah melebarkan sayap hingga skala internasional.

PT LG Electronics

Selain Samsung, perusahaan elektronik asal Korea Selatan yang telah masuk ke Indonesia adalah LG Electronics. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1947 sebagai perusahaan kimia dan berkembang menjadi perusahaan elektronik di tahun 1958. Sama halnya dengan Samsung, LG Electronics telah berhasil melebarkan sayap hingga skala internasional.

PT Lotte Indonesia

Jika Anda penggemar budaya pop Korea Selatan, pasti sudah tidak asing dengan perusahaan satu ini. Lotte pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1993 sebagai sektor produk permen dan manufaktur. Kemudian, sejak Desember 2018 silam, Lotte melalui anak perusahaan Lotte Chemical Corporation telah melebarkan sayap ke sektor petrokimia.

Lotte sendiri telah mendirikan beberapa hypermarket atau menjual bahan makanan dan minuman berskala besar di berbagai tempat di Indonesia.

Nah, untuk dapat menguasai bahasa Korea dengan baik dan benar, tidak ada salahnya untuk bergabung dengan kursus bahasa asing yang telah banyak didirikan di Indonesia. Salah satunya adalah Lister.

Lister menawarkan program kursus bahasa Korea dengan didampingi oleh pengajar native speaker yang tentu akan mengembangkan potensi penguasaan bahasa asing yang kalian miliki. Untuk info lebih lengkap, jangan lupa mengunjungi laman website Lister, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like