4 Contoh Advertising Produk dan Jasa yang Menarik

Ada banyak contoh advertising menarik yang ‘menghiasi’ berbagai media seperti Facebook, Instagram, seo website , televisi, majalah dan lainnya. Semua contoh itu bisa Anda jadikan referensi terbaik untuk mengembangkan advertising yang sesuai bisnis atau produk/jasa yang Anda tawarkan.

Seperti diketahui, dalam menjalankan bisnis, pebisnis tidak boleh mengabaikan pentingnya iklan. Dikatakan penting karena iklan berperan sebagai ‘alat’ untuk mengenalkan produk/jasa ke masyarakat secara luas. Setelah mengenal produk/jasa seo tertentu , diharapkan masyarakat tertarik untuk membeli/menggunakannya.

Selain itu, pebisnis juga tidak boleh mengabaikan tampilan iklan yang menarik. Dengan kata lain, iklan harus dibuat dengan baik, profesional dan mampu memengaruhi pembaca/penonton untuk menjajal produk/jasa yang ditawarkan.

Nah, untuk pemasangan jasa seo sendiri bisa Anda lakukan di banyak tempat. Ya, di era serba teknologi ini, Anda dimungkinkan memasang iklan tidak hanya secara offline atau konvensional melainkan juga secara online.

Media iklan offline yang paling populer adalah televisi, billboard dan majalah. Sementara itu, media iklan online yang paling banyak digunakan pebisnis dalam mempromosikan produk/jasanya di antaranya iklan di media sosial (Facebook dan Instagram), iklan di website dan iklan di YouTube.

Dengan adanya media iklan yang semakin bervariasi, maka sebaiknya Anda memanfaatkannya tidak hanya satu, apalagi hanya jenis media offline. Kurang efektif! Pasang juga iklan secara online baik itu melalui media sosial atau lainnya.

baca juga

Contoh Advertising yang Menarik

Perlu Anda ketahui, secara umum, bentuk iklan terbagi menjadi tiga, yakni iklan yang berisi teks penuh (full text), iklan video dan iklan gambar. Kesemua jenis iklan ini harus ‘dikemas’ dengan menarik agar publik ‘terpikat’ untuk membeli/menggunakan produk/jasa yang Anda tawarkan.

Berikut 5 contoh advertising produk dan jasa yang menarik:

1. Contoh Iklan Produk

Ada sekian banyak produk yang kita temui sehari-hari, baik dalam bentuk makanan, minuman dan jenis barang lainnya. Dan ketahuilah, semua jenis produk yang terkenal hingga saat ini senantiasa memasang iklan yang menarik. Tidak hanya itu, mereka juga memperbarui tampilan iklan secara berkala agar publik tidak dibuatnya bosan dengan tampilan iklan yang begitu-begitu saja.

Ini merupakan pembelajaran penting bagi Anda selaku pebisnis produk tertentu. Agar produk Anda dikenal secara luas maka pasanglah iklan yang menarik, layaknya produk-produk lainnya yang sudah terkenal.

Adapun kriteria iklan produk yang menarik adalah menggunakan ilustrasi/gambar/foto/video yang relevan dan tagline yang mudah diingat. Ya, pembuatan iklan sebaiknya tidak hanya ‘bermain’ pada segi visual saja, melainkan juga harus menyuguhkan kata-kata yang menarik.

Misalnya, kita mengenal tagline produk Indomie yang sangat terkenal hingga saat ini, yakni ‘Indomie Seleraaku’. Kemudian, ada juga produk Teh Botol Sosro yang memiliki tagline tidak kalah menarik, yakni ‘apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro’.

2. Contoh Iklan Jasa

Berbagai jenis bisnis jasa juga perlu diiklankan dengan baik. Tujuannya, tidak lain, agar jasa yang Anda tawarkan diketahui oleh publik secara luas. Coba bayangkan Anda memiliki bisnis jasa tapi tidak diiklankan! Apakah publik secara luas bisa mengetahui keberadaan bisnis jasa Anda?

Kita ketahui bersama, jenis bisnis jasa sangatlah bervariasi, mulai dari jasa di bidang pendidikan, tranpsortasi, ekonomi, teknik hingga reparasi. Nah, kesemua jenis jasa ini harus mendapatkan ‘sentuhan’ iklan yang menarik.

Seperti halnya produk, iklan untuk bisnis jasa juga boleh dalam bentuk gambar dan video. Yang membedakannya adalah teks yang digunakan karena bisnis jasa yang dipromosikan adalah keterampilan dan kemampuan. Jadi, teks yang digunakan sebaiknya menjelaskan apa saja keterampilan yang Anda tawarkan, apa kelebihannya dan apa manfaatnya bagi klien.

Anda juga bisa lho mencantumkan informasi potongan harga pada iklan Anda. Ini berguna agar pembaca/penonton mudah tertarik menggunakan layanan Anda. Misalnya, Anda memiliki bisnis jasa privat mengemudi mobil. Anda dapat mencatumkan informasi potongan harga berikut ini: “dapatkan potongan harga hingga 25 persen untuk 20 orang pertama”.

3. Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Masih berkaitan dengan iklan layanan, namun kali ini lebih mengarah pada layanan masyarakat. Layanan masyarakat tidak memiliki tujuan komersil, melainkan pada umumnya untuk mengedukasi masyarakat secara luas. Oleh karenanya, iklan yang ditayangkan berbeda dengan iklan yang bersifat komersil sebagaimana disebutkan di atas.

Seperti diketahui, ada banyak sekali layanan masyarakat yang ada di sekeliling kita, mulai dari layanan masyarakat di bidang kesehatan, sosial, lingkungan dan lainnya. Contoh programnya di antaranya, penanganan Covid-19 atau penerapan protokol kesehatan, penanggulangan bencana, program KB (keluarga bencana) dan lainnya.

Nah, agar program-program layanan masyarakat ini sampai ke hati masyarakat, maka dibutuhkan iklan yang menarik. Iklan layanan masyarakat sebaiknya dilengkapi dengan ilustrasi/gambar/foto atau video yang relevan, bukan hanya teks belaka. Mengingat, iklan masyarakat yang hanya mengandalkan teks belaka tidak menarik.

Namun, bukan berarti Anda mengabaikan teks. Teks yang bersifat call to action juga diperlukan dalam pembuatan iklan layanan masyarakat agar lebih menarik perhatian.

Misalnya, iklan layanan masyarakat dari Kementerian Kesehatan terkait penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Anda bisa membuat iklan dengan ilustrasi orang memakai masker dan menjaga jarak aman saat beraktivitas di luar rumah. Kemudian, tambahkan teks “Awas virus ada di mana-mana, pakai maskermu saat berada di luar rumah!”

4. Contoh Iklan Makanan

Contoh advertising berikutnya kami fokuskan pada produk makanan. Nah, bagi Anda yang memiliki bisnis makanan atau kuliner, contoh advertising berikut ini bisa Anda jadikan referensi terbaik.

Berbeda dengan tiga contoh iklan di atas, iklan makanan sebaiknya menonjolkan gambar yang menarik perhatian. Maksud dari gambar makanan yang menarik perhatian adalah gambar makanan yang membuat orang melihatnya langsung tergiur dan ingin lekas-lekas mencicipinya.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan gambar orang menikmati hidangan dengan ekspresi yang ‘tidak sabar’ ingin melahap semua makanan di depannya. Ekspresi semacam itu bisa membuat orang yang lebihnya semakin ‘tidak sabar’ (juga) untuk menjajalnya.

Lebih lanjut, meski menonjolkan gambar makanan yang menarik perhatian, Anda juga perlu memberikan teks singkat yang bisa memberikan ‘nilai plus’. Nilai plus yang dimaksud adalah yang mampu menarik orang untuk membeli makanan tersebut berkali-kali.

Anda juga bisa menyuguhkan teks berupa informasi diskon harga. Misalnya, ‘beli 3 gratis 1’, ‘free ongkir’ dan lainnya.

Itulah 4 Contoh Advertising Produk dan Jasa yang Menarik. Perlu Anda ketahui, iklan yang menarik juga harus disertai dengan produk/jasa yang berkualitas. Percuma iklan yang Anda pasang mampu mendatangkan banyak konsumen/klien, namun hanya membeli/menggunakan produk/jasa yang Anda tawarkan.

Dengan memerhatikan kualitas produk/jasa, maka dijamin para konsumen/klien Anda akan membeli/menggunakannya berkali-kali. Sehingga, Anda dapat meraup keuntungan yang optimal.

Semoga informasi tentang contoh advertising di atas bermanfaat untuk Anda yang tengah menggeluti bisnis produk/jasa tertentu. Ingat, buatlah iklan yang menarik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *